Diet Hipertensi: Cara Menurunkan Darah Tinggi

Diet Hipertensi Cara Menurunkan Darah Tinggi

Diet Hipertensi Cara Menurunkan Darah Tinggi

Diet Hipertensi: Cara Menurunkan Darah Tinggi

Diet Hipertensi: Cara Menurunkan Darah Tinggi – Mengapa perlu diet hipertensi? semua berawal dari pola makan dan apa yang dimakan oleh kita sehari-hari, apakah makanan yang baik untuk kesehatan atau tidak? hanya Anda yang tahu. Oleh karena itu jika sudah terlanjur terkena penyakit hipertensi maka sekarang saatnya Anda harus bisa dan pasti bisa untuk melakukan diet hipertensi sekarang juga! dan jangan tunda.

Diet hipertensi adalah diet bagi penderita hipertensi yang ditujukan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tekanan darah menuju normal. Selain itu diet hipertensi juga ditujukan untuk menurunkan faktor risiko hipertensi lainnya seperti berat badan yang berlebih, tingginya kadar lemak (kolesterol) dan asam urat dalam darah. Penderita hipertensi yang memiliki tekanan darah lebih dari 160/gram mmHg, selain memerlukan pemberian obat-obatan anti hipertensi juga memerlukan terapi dietetik dan perubahan gaya hidup. (wikipedia)

Dengan menyimak penjelasan diet hipertensi diatas sudah jelas bahwa kelebihan berat badan menjadi faktor utama penyakit darah tinggi atau hipertensi. Kenapa bisa berat badan berlebih, ya karena pola makan tidak sehat dan malas berolahraga.

Dalam pengobatan hipertensi dilakukan dengan penerapan diet hipertensi yang terbagi dalam dua macam yaitu diet rendah garam dan tinggi kalium. Diet rendah garam dilakukan dengan cara mengurangi makan-makanan asin-asin seperti cracker dan ikan asin.  Memberikan makanan aisn kepada anak-anak terbukti sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan hipertensi. Kebiasaan makan asin pada masa anak-anak juga menyebabkan resistensi terhadap rasa asin sehingga pada waktu dewasa membutuhkan rasa asin berlebih. Contohnya anak-anak yang dibiasakan mengkonsumsi masakan berbumbu berat seperti masakan padang, pada masa tuanya, anak-anak in iharus memakan yang lebih berbumbu lagi.

Diet tinggi kalium diperoleh dari sayuran dan buah. Para penderita hipertensi disarankan setiap hari mengkonsumsi satu buah jeruk atau satu buah pisang ambon. Karena bila kadar garam (natrium) tinggi, terjadilah retensi (penyerapan air yang berlebihan) di dalam tubuh yang berakibat hipertensi. Bila kadar natrium di dalam darah meningkat, ginjal akan mengeluarkan kalium sehingg terjadi kekurangan kalium di dalam tubuh dan inilah yang terjadi pada penderita hipertensi. Jika tubuh kekurangan kalium badan akan menjadi lemas.

Pola hidup sehat juga tetap diterapkan dengan melakukan 3 hal, seperti berolahraga 3 kali dalam seminggu (@ 40 menit), hindari stres dan hindari kurang tidur. Dalam menjalankan diet hipertensi, adapula yang harus dihindari baik dalam bentuk makanan dan minuman.

Makanan dan minuman yang perlu dihindari dalam program diet hipertensi :

  1. Minuman beralkohol. Jika diminum secukupnya diperbolehkan, bila tidak ada masalah kesehatan lainnya seperti penyakit liver. Setelah bekerja sepanjang hari, segelas anggur atau bir bisa sangat membuat santai. Tetapi Anda harus tahu bahwa alkohol dapat memperburuk faktor kepenatan dari beberapa oba sampia dapat membahayakan unuk mengendarai mobil. Karena sangat berkalori dan merangsang nafsu makan, alkohol harus dijaga agar diminum seminimal mungkin dan sama sekali dihilangkan jika sedang menjalani diet penurun berat badan. Jika Anda memiliki masalah berat badan, minumlah minuman rendah kalori dan hindari minuman keras yang berat. Sebootl minuman alkohol mungkin tidak mempengaruhi tekana darah Anda tetapi aka menambahkan 1.000 kalori terhadap makanan Anda.
  2. Merokok dalam berbagai bentuk dan kasus adalah berbahaya. Rokok adalah suatu faktor risiko yang nyata, walaupun cerutu dan rokok memakai pipa juga tidak dianjurkan. Walaupun benar bahwa lebih sedikit nikotin yang diserap melalui lapisan lendir dibandingkan dengan melalui penghirupan ke dalam paru-paru, perokok pipa dan cerutu akan tergoda untuk menghirupnya. Pada kenyataannya, lebih mudah berhenti merokok sama sekali daripada mengurangi menjadi satu atau dua batang rokok sehari atau berganti dari rokok menjadi cerutu atau pipa. Satu-satunya yang berhasil dan langsung berhasil adalah berhenti merokok sama sekali.

Diet yang dianjurkan bagi penderita hipertensi haruslah diet yang dapat menurunkan atau sekurang-kurangnya mencegah agar tidak terjadi peningkatan tekanan darah. Makanan diet untuk hipertensi ini memiliki tujuan untuk :

  1. Mengurangi asupan garam
  2. Mengurangi kadar lemak dalam tubuh sehingga didapat berat badan yang sehat dan ideal
  3. Mempertahankan agar tetap berada pada berat badan yang sehat.

Program ini terdiri dari makanan diet untuk hipertensi yang sehat yang terdiri dari beberapa jenis makanan yang mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh. Makanan yang dikonsumsi hendaknya mampu mempunyai syarat berikut :

  1. Makanan rendah garam
  2. Makanan rendah lemak, dan
  3. Makanan dengan jumlah kalori yang tidak berlebihan.

Makanan diet untuk hipertensi  adalah makan makanan yang sehat tidak sama dengan mengurangi jumlah makanan dan rasa dari makanan tersebut. Makanan yang sehat ini artinya makanan dengan kalori yang seimbang, rendah garam dan rendah lemak. Kalori yang dubutuhkan orang Indonesia berkisar antara 1.500-2.000 kalori setiap  harinya. Hal ini bervariasi bergantung dari aktivitasnya. Sementara itu, diet dengan makanan yang rendah garam dan rendah lemak juga bervariasi. Meskpiun makanan rendah lemak dan garam, tidak berarti makanannya menjadi tidak enak dan tidak mengundang selera. Banyak cara yang dapat digunakan agar makanan yang kita konsumsu mempunyai kadar lemak yang rendah dan sedikit mengandung faram (natrium), serta tetap membangkitkan selera.

DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) menagnjurkan makanan kaya padi-oadian, buah-buahn, sayuran dan susu rendah lemak. Pola makanan ini membatasi jumlah lemak dan memperbanyak kadar kalium, kalsium dan magnesium. Selain itu, diet ini lebih mengutamakan protein nabati berupa kacang-kacangan, dan biji-bijian daripada protein hewani yang terdiri dari daging, ayam, dan ikan. Pola makan DASH ini membuktikan dapat menurunkan dan mengandalikan tekanan darah.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam makanan diet untuk hipertensi ini ;

  1. Biasakan jangan makan berlebihan
    makan berlebihan akan mengakibatkan kalori yang melebihi nilai kalori yang kita butuhkan. Kalori berlebihan akan disimpan dalam ebntuk lemak dalam tubuh sehingga mengakibatkan obesitas
  2. Biasakan untuk sarapan
    sarapan dengan jumlah kalori yang cukup dapat mencegah dari  rasa lapar berlebihan di siang hari dan bisa membuat kita beraktivitas secara masimal pada hari itu. Anda dapat memilih menu sarapan dengan kalori cukup dan menu yang dianjurkan. Sarapan yang disarankan adalah yang kaya dengan karbohidrat. Setangkup roti, seral atau nasi bisa menjadi pilihan.
    jenis makanan dari umbi-umbian seperti kentang, singkong atau ubi bisa juga kita jadikan pilihan menu dipagi hari ini. Apabila nasi menjadi pilihan Anda, tambahkan protein nabati seperti tahu atau tempe dan hindarkan protein hewani. Senutir telur tanpa kuning telur dapat menjadi pelengkap menu Anda. Ingat jangan biasakan nasi goreng menjadi menu utama sarapan Anda. Hindarikan selai cokelat atau keju yang banyak mengandung lemak pada roti Anda, sebaiknya pilih selai yang berasal dari buah-buahan.

CARA PEMESANAN ACE MAXS

Darah Tinggi Ace Maxs Solusi Paling Tepat

Darah Tinggi Ace Maxs Solusi Paling Tepat

Manfaat kulit manggis dan daun sirsak untuk kesehatan dan mengobati penyakit darah tinggi.

Diet Hipertensi: Cara Menurunkan Darah Tinggi

Iklan

Posted on 18 Oktober 2014, in darahtinggi, diet hipertensi, herbal alami, pantangan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Perkongsian yang sangat bermanfaat. Terima kasih

    Suka

  1. Ping-balik: Obat Darah Tinggi atau Hipertensi Herbal Alami | Darah Tinggi - Agen Herbal Terpercaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: